Edy Triyono

Welcome

:)

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia secara administratif masuk wilayah Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur[1] dan merupakan salah satu wisata andalan Kabupaten Malang sejak 1985 hingga kini. Daya tarik Balekambang utamanya tentu panorama alam, gelombang ombak yang memanjang hampir dua kilometer, serta hamparan pasir nan luas. Area pasir putih terlihat bersih dari sampah maupun kotoran sehingga cukup nyaman bagi pengunjung untuk bermain dan berolahraga.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Selasa, 16 April 2013

Lebih Siap Lawan Persibo

MALANG KOTA- Arema IPL tak memiliki waktu lama untuk persiapan lawan Persibo, Kamis (18/4) di Stadion Letjen H. Soedirman, Bo jo ne- goro. Ter hitung, hanya ada waktu dua kali la tihan yang bisa digunakan untuk mengasah strategi sebelum me lakoni away tersebut. Sebab kemarin, tim Arema IPL baru tiba di Malang setelah melakoni laga lawan Persepar Palangkaraya (14/4), yang berakhir dengan ke kalahan 0-1. 

”Kami baru la tihan besok pagi (hari ini). Semoga kondisi pemain semua oke,” ujar manajer tim Arema IPL Haris Fambudy kemarin. Sebenarnya kondisi pemain Arema IPL bisa dikatakan lebih siap. Sebab, ketika bertanding lawan Persepar Palangkaraya, hanya 14 pemain yang dibawa. Beberapa pemain inti seperti Bruno Casmir dan Herman Romansyah pun ditinggal di Malang.  

Kedua pemain itu rencananya disiapkan untuk meraih hasil maksimal di kandang Persibo. ”Kami sejak awal memang me nyim- pan beberapa pemain kunci untuk lawan Persibo. Tapi tetap kondisi pemain akan dipantau saat latihan nanti,” lanjut pria yang juga memiliki sertifikat agen resmi FIFA itu. (RADAR)

Senang saat Syuting, Malu Lihat Acting Sendiri di Film

Film berjudul Hari Ini Pasti Menang banyak melibatkan pemain sepak bola professional. Salah satunya adalah wingback kanan Arema Cronous, Hasyim Kipuw. Seperti apa pengalaman pemain 23 itu dalam film pertamanya itu?

IWAN SETIAWAN 

FILM bertema sepak bola, Hari Ini Pasti Menang sudah diputar sejak 11 April lalu. Dari puluhan pesepakbola yang ikut bermain, wa jah Hasyim Kipuw tergolong sering nongol dalam film tersebut. Sebab pemuda asal Maluku itu ber peran sebagai pemain andalan Ja karta Metropolitan FC. Satu tim dengan Gabriel Omar Baskoro, tokoh utamanya. Dalam film yang disutradarai Andi Bachtiar Yusuf tersebut, Kipuw harus ber akting dengan adegan-adegan yang serupa dengan aktivitas bermain bo la kesehariannya. Seperti melakukan sprint, passing, hingga umpan-umpan panjang. 

Meski aktingnya sama dengan karakternya di lapangan, rupanya tak berarti proses pengambilan berjalan lan car. Selalu saja ada pengambilan gam bar yang harus diulang dua sampai tiga kali atau lebih. ”Main film itu susah. Tapi aku sangat menikmatinya,” ujar pemain yang memiliki selera hu mor cukup tinggi ini. Ditanya tentang acting yang paling sulit, Kipuw langsung menjawab kalau acting marah-marah justru yang paling sulit. Sebab dalam sebuah adegan, jebolan Persija Jakarta junior itu diharuskan untuk melakukan protes keras terhadap wasit di sebuah pertandingan.

”Sebenarnya saya pernah marah-marah sama wasit waktu main beneran. Tapi kalau waktu di film, susah sekali. Karena marahnya tanpa sebab,” tegas dia. Dan ketika ditanya adegan yang paling disukai, tentu ketika sudah masuk pengambilan gambar (syuting) pertandingan. Sebab proses actingnya sama dengan sesi latihan yang biasa di jalani Kipuw. Namun demikian, sampai kemarin, eks penggawa timnas SEA Games 2011 itu ternyata masih belum melihat langsung film perdananya. Sebab Kipuw mengaku malu melihat hasil actingnya. ”Malas saya lihat waktu acara premier (pemutaran perdana 11 April lalu). 

Nanti saja nonton sendiri di kamar. Karena saya sudah di kasih CD-nya,” ujarnya. Saat pemutaran perdana di Malang 11 April lalu, Kipuw memang tidak hadir. Padahal aktor-aktor seperti Ray Sahetapy dan beberapa pemain Arema Cronous ikut menyaksikan film tersebut. ”Saya malu lihat acting saya,” lanjut dia. Meski malu untuk menonton, Ki puw merasa ketagihan untuk main film lagi. Sebab dirinya tak me nolak jika diajak untuk main film lagi jika jadwalnya tidak mengganggu aktivitas bersama klub Arema. 

”Dulu shooting film ini kan waktu saya masih main di Persija musim lalu. Kebetulan juga waktu itu jeda kompetisi. Jadi gak nganggu klub,” tegasnya. Pe main yang juga fans timnas Argentina ini mengaku ketagihan main film karena bisa bertemu dengan banyak artis ternama seperti Ray Sahetapy, Ibnu Jamil dan artis-artis lainnya. ”Nambah keluarga baru pastinya. Kalau urusan bayaran, ya masih banyakan main bola. Cuman kalau ada rezeki main film lagi, ya boleh juga buat sampingan,” kelakarnya. (radar)

Senin, 15 April 2013

Tak Terpengaruh Putusnya Jaringan

MALANG KOTA – Terputusnya jaringan serat fiber optic di bawah laut Batam dan jaringan Sumatera beberapa waktu lalu, membuat kapasitas jaringan internet Smartfren terganggu akhir Maret lalu. Meski begitu, kejadian itu tidak terlalu mengganggu penjualan produk- produk Smarfren. Seperti diketahui, pada akhir Maret lalu, pelanggan Smartfren tidak bisa menggunakan layanan akses internet sebagaimana mestinya. 

Sejumlah situs luar negeri pun sulit diakses. Beruntung, hal itu tidak sampai berakibat buruk bagi Smartfren. ”Dari sisi penjualan, nggak ada masalah,” ujar Public Relation Regional East Java dan Bali, Rany Safitri, kemarin (14/4). Apalagi, Smartfren langsung menerapkan strategi agar pelanggannya tidak kabut. Salah satunya, memberi kompensasi berupa tambahan 50 persen volume atau kuota dari paket layanan data utama yang dibeli atau diperpanjang pelanggan. 
PACU LAYANAN: Customer service salah satu operator seluler saat melayani pelanggan.

Bukan hal yang aneh bila Smartfren memberikan perhatian spesial bagi pelanggan layanan datanya. Pasalnya, layanan ini memberikan kontribusi yang besar bagi operator yang bergerak di jaringan CDMA. ”Pelanggan kami yang menggunakan layanan data, persentasenya 80 persen,” kata Deputi Regional Head Smartfren of East Java Bali, Imam Bukori, beberapa waktu lalu. Ada sejumlah produk layanan data yang ditawarkan, mulai dari paket untuk modem, android, hingga Blackberry. ”Bahkan untuk modem, secara nasional ada sejuta aktivasi dalam delapan bulan ini,” ujar dia. Imam berharap, pada tahun 2013, Smartfren bisa menggenjot jumlah pelanggan, maupun omzet dari perusahaannya. (radar)

Diskon Heboh di Matahari Lippo Plaza Batu

BERAGAM: Pengunjung Matahari Lippo Plaza Batu (MSA) 3 memilih buah-buahan segar.
KOTA BATU - Demi menyemarakkan even Malang Shopping Adventure (MSA) 3 ini, Matahari Department Store (MDS) Lippo Plaza Batu tak mau ketinggalan. Kali ini, mereka memberikan diskon besar-besaran untuk beberapa produk. Upaya ini untuk memacu animo pengunjung selama MSA 3 ini. Jufri Naz, general manager Lippo Plaza Batu yang mewakili MDS mengatakan ada beberapa produk merek ternama yang akan didiskon. 

Diskonnya pun juga cukup besar, mulai 20 persen hingga 50 persen. Diskon ini diberikan terbatas pada ajang MSA 3 ini. Yang berlangsung mulai 6-21 April nanti. ”Dalam ajang MSA 3 inilah para pengunjung akan dimanjakan dengan banyak diskon,” ucapnya. Beberapa produk yang akan didiskon itu antara lain: promo shoes fair atau promo berbagai sepatu. Beberapa merek ternama menghiasi promo ini. Ada sepatu dan sandal Yongki Komaladi, Fladeo, dan Jim Joker.

 Pengunjung malah bisa mendapatkan promo diskon sebesar 70 persen. Termasuk ada harga spesial mulai Rp 39.900. Produk sandal dan sepatu lain juga mendapat potongan tak sedikit. Mulai dari 20 persen sampai 50 persen. ”Bisa didapatkan di Atrium Lippo Plaza Batu,” tutur dia. Ada pula diskon produk fashion. Terdiri dari berbagai fashion model terkini dengan harga terjangkau. Mulai dari fashion kawula muda remaja, sampai pada kostum elegan bagi dewasa. Berbagai tema fashion ini dhadirkan murah bagi pengunjung yang bertransaksi di MSA 3 ini. 

Diantaranya ada promo dobel diskon bagi barang yang telah didiskon. Mulai dari diskon sebesar 20 persen sampai 50 persen. ”Diskon ini benar- benar gila-gilaan dan diharapkan mampu menyedot banyak pengujung,” ujarnya. Disajikan pula untuk produk sepatu itu merek-merek ternama yang berharga spesial dan turun harga. Di antaranya, Logo, Dust, Lea, Louis, dan beberapa produk lainnya. Termasuk pula dijual buah-buahan segar. Harganya pun didiskon antara 10 persen hingga 20 persen. Seluruh buah ini juga banyak dari petani lokal. (radar)

Dominasi 48 Besar

SERU: Pemain Mitra (kiri) berhadapan dengan Surya Muda kemarin.
MALANG KOTA – Tim Kota Malang yang lolos ke babak 48 besar Piala Danone wilayah Jatim mendominasi. PSSI Kota Malang saja, misalnya, meloloskan lima tim binaannya ke babak 48 besar. Setelah Ken Arok A dan Banteng Jaya B Sabtu (13/4) lalu, kemarin giliran Banteng Muda B, Ken Arok B, dan Banteng Jaya A yang lolos ke 48 besar. Babak 48 besar hingga final bakal digelar di Stadion Gajayana pada 20-21 April.

Kemarin, salah satu tim binaan PSSI Kota Malang yang moncer adalah Banteng Muda B. Di babak 96 besar yang menggunakan sistem gugur kemarin, Banteng Muda B menang melawan Aris Putra A di lapangan luar Stadion Gajayana dengan skor 2-0. ”Kami bersyukur. Ini kemenangan yang menyenangkan. Ke depan anak-anak harus terus meningkatkan performanya untuk memberikan hasil yang maksimal,” kata Ressi Kurniadi, pelatih Banteng Muda B. (radar)

Targetkan 13 Ribu Peserta

MALANG KOTA – Maraton Nasional Malang (MNM) dan 10 K (10 Kilometer) digelar 13 hari lagi. Dalam kejuaraan yang mengambil start di Jalan Ijen dan finis di lapangan Rampal itu, panitia menargetkan 13 ribu peserta. 

Sekretaris panitia MNM dan 10 K Edy Wahyono yakin lomba lari itu bakal menyedot perhatian warga Malang. Apalagi, khusus di Jatim, hanya maraton Malang yang rutin berlangsung. ”Untuk tahun ini akan lebih meriah karena bersamaan dengan HUT Ke-99 Kota Malang,” kata dia.
 
 
Peserta MNM dan 10 K dibagi menjadi empat. Yakni kategori 10 K pelajar, 10 K umum, 10 K TNI/Polri, dan maraton dengan jarak sejauh 42,195 kilometer. ”Peserta nanti harus sehat secara jasmani dan tidak memiliki penyakit kronis,” kata Edy. Panitia menentukan batasan umur bagi peserta. Untuk 10 K pelajar, minimal usia peserta 13 tahun. Sedangkan untuk 10 K umum dan maraton minimal usia 20 tahun. (radar)

Peni Enggan Bantu Persema

Malah Lebih Suka kalau Main di Amatir 

MALANG KOTA – Persema bakal semakin berat berjuang memutihkan sanksi degradasi ke divisi tiga pada kongres tahunan PSSI di Surabaya Juni mendatang. Itu karena tidak ada dukungan dari Wali Kota Malang Peni Suparto terhadap pemutihan sanksi tersebut. Malah Peni menyatakan lebih senang jika Persema bermain di divisi tiga atau kompetisi amatir yang paling bawah. Dengan demikian, Persema bisa lebih fokus dalam pembinaan pemain muda.

 ”Selama PSSI masih carut-marut seperti sekarang, kami lebih suka Persema bermain di liga amatir karena bisa fokus ke pembinaan,” ucap Peni Suparto setelah membuka turnamen Piala Danone di lapangan Rampal, Sabtu (13/4). Karena itu, Peni menegaskan tidak akan membantu manajemen Persema terkait permohonan pemutihan sanksi kepada PSSI. ”Kami tidak akan melakukan itu (permohonan pemutihan). 

Kami terima saja sanksi dari PSSI,” ujar dia. Peni juga menyoroti konflik yang masih terjadi di PSSI. Menurut dia, selama konflik masih terjadi di internal PSSI, tentunya menjadi kurang menarik bagi Persema. Peni mengakui manajemen Persema sekarang tidak pernah melakukan komunikasi dengan dirinya. Itu setelah pengelolaan Persema mandiri lantaran tidak boleh menggunakan anggaran dari APBD pemkot. Untuk itu, kalau Persema bermain ke divisi tiga, pengelolaan tim berjuluk 

Laskar Ken Arok itu akan berada di tangan PSSI. Artinya, sisi pendanaan Persema akan ditopang dengan APBD. Dengan demikian, PSSI nantinya akan fokus dalam menjaring dan membina pemain muda dari kompetisi internal. Persema terkena sanksi PSSI era Nurdin Halid 2011 lalu lantaran membelot dari ISL ke IPL. Saat itu Persema yang awalnya dikelola Pemkot Malang diserahkan kepada konsorsium Mitra Bola Indonesia (MBI). (radar)

Banteng Muda Rajai Piala MU Zona Tiga

TERUS MELAJU: Pemain Banteng Muda U-15 foto bersama setelah
menjuarai MUPC zona tiga di Stadion Gajayana kemarin.
MALANG KOTA – Banteng Muda Kota Malang merebut juara Manchester United Premier Cup (MUPC) 2013 U-15 zona tiga (Jatim, Jateng, dan Jogja). Bermain di babak enam, Andika Agra prana dan kawan-kawan mengangkat trofi juara setelah mem bekuk wakil Kota Malang lainnya, Ken Arok, dengan skor 3-0 di Stadion Gajayana kemarin. Ada enam tim yang berlaga di zona tiga. Selain Banteng Muda dan Ken Arok, ada Real Madrid (Jogja), New Salatiga (Jateng), Persisac (Jateng), dan Braja Musti (Jogja). Sesuai aturan, juara dan runner up wilayah tiga melaju ke MUPC na sional yang bakal diputar di Jakarta mulai 4-5 Mei mendatang. 

Jadi, Banteng Muda dan Ken Arok akan berhadapan dengan wakil- wakil tiga zona lainnya. Di MUPC nasional, selain wakil wilayah tiga, ada zona satu (Sumatera), zona dua (Jabar, DKI Jakarta, dan Banten), serta zona empat (Kalimantan). Zona Sumatera dan Kalimantan di wakili satu tim. Sedangkan zona dua dan zona tiga diwakili dua tim. ”Di Jawa banyak tim yang ikut MUPC. Karena itu, wakil dua zona di Jawa ditentukan dua tim,” ungkap Sekretaris Umum PSSI Kota Malang Haris Thofly yang juga ketua panitia MUPC zona tiga. Kemarin, trofi juara zona tiga diberikan Manager Marketing Nike Indonesia Lily yang didam- pingi dua mantan pemain timnas: 

Yeyen Tumena (manajer MU PC) dan Kurnia Sandi. ”Alhamdulillah, perjuangan anak- anak berhasil,” kata pelatih Banteng Muda Adi Putra Setiawan. Dia menambahkan, juara zona tiga dan sebelumnya juara Jatim masih setengah jalan. Maksudnya, tugas berat dan lebih menantang sudah menunggu Banteng Muda di MUPC nasional. Banteng Muda tahun 2012 lalu juara menjuarai MUPC nasional. Mereka pun berhak mewakili Indonesia ke MUPC wilayah Asia Tenggara dan Asia Selatan di Malaysia. Sayang, impian Banteng Muda tampil di Stadion Old Trafford markas Manchester United kandas karena gagal juara di wilayah Asia Tenggara dan Asia Selatan. Menariknya, skuad Banteng Muda sekarang adalah skuad yang merebut MUPC nasional 2012. (radar)

Langsung Fokus ke Bandung

HAUS MENANG: Cristian Gonzales diharapkan bisa meraih tiga angka di kandang Persib (20/4).
MALANG KOTA - Usai melakoni laga home terakhir lawan Persela Lamongan tadi malam (14/4), Arema Cronous dihadapkan pada tiga away berat. Di antaranya melawan Persib Bandung (20/4), Persiwa Wamena (28/4) dan Persipura Jayapura (2/5). Karena jeda pertandingan yang dimiliki tidak banyak, tim berjuluk Singo Edan ini ingin melakukan persiapan maksimal. Karena itu, direncanakan rombongan akan berangkat lebih awal ke Bandung pada Rabu pagi (17/4). Artinya, ada kesempatan bagi skuadra Arema Cronous untuk tiga kali latihan di Bandung. 

Namun tim Singo Edan ini tidak akan melakukan persiapan di Malang. Sebab usai lawan Persela tadi malam, pemain diliburkan dua hari. ”Rencananya habis libur, pemain langsung latihan di Bandung. Kami berangkat lebih awal agar pemain punya waktu adaptasi lebih lama,” ujar General Manager Arema Cronous Ruddy Widodo. Lebih lanjut, bapak dua anak ini mengatakan kalau keberangkatan tim nanti berbeda de ngan bulan lalu. Karena pertengahan bulan lalu Arema Cronous sempat berangkat ke Bandung. Namun rombongan menggunakan rute penerbangan Malang-Jakarta kemudian dilanjutkan perjalanan darat ke Bandung. 

Hanya saja setiba di Jakarta laga yang sebelumnya di langsungkan pada 17 Maret itu diundur. ”Nanti rombongan ke Juanda (Surabaya) dulu. Kemudian terbang ke Bandung,” lanjut Ruddy. Rute baru tersebut dipilih untuk menghin dari macet di Jakarta. Sebab pelatih dan manajemen khawatir pemain akan kelelahan di jalan. Mengingat pada sore harinya Cristian Gonzales dkk langsung latihan di Bandung. Kondisi fisik pemain harus benar-benar dijaga agar saat tanding selalu prima. Ini memburu target menang di markas Persib Bandung. 

Kubu Arema juga tak mau mengulangi musim lalu yang dipermalukan dengan skor 0-2. Dengan materi pemain yang jauh lebih baik saat ini, sangat ironis jika Arema kembali gagal meraih kemenangan lawan Persib. Ruddy menambahkan, dengan meng gunakan rute Malang-Surabaya-Bandung, kemungkinan hanya memakan waktu kurang lebih tiga jam. Sedangkan jika Malang-Jakarta-Bandung, diperkirakan bisa molor sampai lima jam. Hanya saja, meski rute perjalanan menuju Bandung diubah, namun tempat tim mengingap kemungkinan besar sama. Rencananya, rombongan akan menginap di hotel Karang Setra, Kota Bandung lebih dulu selama dua hari. Setelah itu, baru mendekat ke venue pertandingan yaitu Stadion Si Jalak Harupat, Soreang Kabupaten Bandung. (radar)

Arema IPL Korban Kutukan Away

PALANGKARAYA - Misi Arema IPL untuk meraih satu poin di kandang Persepar Palangkaraya gagal terpenuhi. Sebab tim berjuluk Singo Edan ini harus mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor tipis 0-1 (0-0) di Stadion Tuah Pahwe, Palangkaraya. Gol kemenangan Persepar dicetak oleh gelandang Bayu Pradana di menit 73.  

Sebenarnya dari jalannya pertandingan, Arema IPL bisa mengimbangi permainan tuan rumah yang dirundung masalah finansial. Di babak pertama, permainan defensif yang diperagakan Legimin Raharjo dkk sukses membuat kedudukan imbang 0-0 hingga turun minum. Namun di babak kedua, Arema IPL yang hanya mengandalkan pemain lokal seperti Legimin Raharjo, Putut Waringin Jati dan Jaya Teguh Angga mulai melakukan inisiatif untuk menyerang. Namun sayang, absennya striker asal Kamerun Emile Mbamba membuat penyelesaian akhir Arema IPL kurang tajam. Dan petaka di menit 73 pun datang. 

Gawang Dede Sulaiman dijebol gelandang tuan rumah Bayu Pradana setelah terjadi kemelut di depan gawang Arema IPL. Dan keunggulan tuan rumah berakhir hingga laga usai. Meski kalah, namun pelatih Arema IPL Abdurrahman Gurning me ngapre- siasi perjuangan anak buahnya di lapangan. Sebab dari sisi materi pemain, bisa dikatakan tim Singo Edan masih kalah kelas. Mengingat dalam lawatan kemarin Gurning hanya membawa 14 pemain mayoritas penggawa muda minim pengalaman.

 ”Anak-anak sudah berjuang. Banyak peluang juga yang kami dapat. Namun keberuntungan masih belum berpihak,” ujarnya dihubungi usai laga. Sampai laga ke lima, Arema IPL masih belum meraih poin ketika away. Arema seolah jadi korban ”kutukan” selalu kalah away. Sebab tiga laga away awal yang sudah dilalui berakhir dengan kekalahan. Seperti kala menghadapi Semen Padang (WO 0-3), Pro Duta Medan (0-2), dan Persepar Palangkaraya (0-1) kemarin sore. (radar)

Jumat, 12 April 2013

Urai Kemacetan, Format Satu Arah

KOTA BATU- Pemkot Batu bergerak cepat menyelesaikan permasalahan kemacetan di kota wisata itu. Rencananya mulai bulan depan, beberapa jalan akan dijadikan jalur searah. Tujuannya mengurai kemacetan yang kerap terjadi di musim liburan. 

Abdillah Alkaf, kepala Dis hub-kominfo Kota Batu mengatakan, jalur satu arah itu siap diterapkan. Sasarannya jalan utama yang sering dilewati arus kendaraan. Utamanya para wisatawan dari luar kota. Salah satu jalan yang terkena aturan satu arah itu adalah Jalan Dewi Sartika. Yakni
jalan sepanjang depan Pasar Batu. Bagi pengendara dari Malang yang sudah tiba di pertigaan pos polisi Jalan Pattimura wajib belok kiri menuju Jalan Dewi Sartika. Pengendara tidak boleh langsung menuju Jalan Di ponegoro. Jika pengendara ingin ke Jalan Diponegoro, maka dari Jalan Dewi Sartika harus melalui Jalan Imam Bonjol atau jalan lainnya. Dis hubkominfo juga akan memberlakukan jalan satu arah dari Jalan Imam Bonjol Atas. 

Sedang kan dari arah Jalan Wukir juga dilarang menuju Jalan Imam Bonjol. Penataan jalan satu arah juga di lakukan di Jalan Munif sebelah kanan Alun-Alun Kota Batu. Pengendara yang dari Jalan Sudiro atau Jalan Kartini dilarang melintas lewat Jalan tersebut. Sedangkan pengendara dari Jalan Diponegoro yang menuju ke Jalan Sudiro dibolehkan. Dis-hub kominfo akan mem-berlakukan sebaliknya.”Berdasarkan saran dari Kasat Lantas Polres Batu AKP I Gusti Made Merta, angkutan umum Batu-Songgoriti yang mau ke Jalan Panglima Sudirman tidak boleh melintas lewat Jalan Gadjahmada. Angkutan itu harus belok ke Jalan Brantas atau Jalan Ahmad Yani,” ujar mantan kabag perekonomian Pemkot Batu itu. 

Selain memberlakukan jalur satu arah, Dishubkominfo juga akan menertibkan parkir di Alun-Alun Kota Batu. Karena banyaknya pengunjung, parkir kendaraan menjadi ruwet karena area parkir dipusatkan di sisi depan alun-alun. ”Rencananya begitu penambahan personel disetujui, saya akan menugaskan mereka di sana untuk mener tib kan parkir dan pengendara,” tandasnya.Penertiban parkir itu dilakukan dengan menetapkan zona-zona parkir di sekitar alun-alun. Di setiap zona akan ditempatkan juru parkir (jukir) resmi ditambah petugas Dishubkominfo. (radar)

LIRA: Ubah Perbup Pilkades

PELAKSANAAN pilkades (pemilihan kepala desa) serentak di 225 desa tak luput dari pantauan LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Kabupaten Malang. Beragam persoalan ditemukan tim pemantau pilkades LIRA. Mulai keberadaan cukong (pemilik modal), money politics, hingga beragam pelanggaran panitia penyelenggara pilkades. ”Ini bisa merusak demokrasi. Seharusnya pilkades dijaga dari keberadaan cukong, dijauhkan dari praktik-praktik permainan uang,” kata Zuhdy Achmadi, bupati LIRA Kabupaten Malang, siang kemarin.

Selain menemukan banyak problem, Didik pangilan Zuhdy Achmady juga memberikan sejumlah rekomendasi kepada Bupati Malang Rendra Kresna. Di antaranya untuk melakukan evaluasi terhadap Perbup Nomor 60 Tahun 2012 dan Perda Nomor 13 Tahun 2010 tentang Kepala Desa. LIRA mendesak peribahan karena dari pelaksanaan pilkades, ditamukan banyak pelanggaran yang dilakukan panitia atas peraturan tersebut. Antara lain, jumlah kepanitiaan yang seharusnya hanya berjumlah 15 orang nyatanya bisa mencapai 75 orang.

Begitu juga dengan biaya yang ditetapkan Rp 10 ribu per pemilih. Tapi, kenyataannya di lapangan biayanya bisa empat kali sampai lima kali lipat lebih besar. ”Kebutuhannya aneh-aneh. Ada yang dipakai untuk beli seragam panitia dan batik,” ungkap Didik. Selain itu, LIRA meminta dilakukan pemanggilan tehadap tim pengawas pilkades. Pemanggilan itu terkait banyaknya pelanggaran oleh oknum yang terlibat dalam pilkades. ”Harus dipertimbangkan penambahan pasal dalam perbup tentang sanksi setiap pelanggaran,” ujar Didik.

Sementara itu, pilkades di Desa Sutojayan, Pakisaji, masih berbuntut. Kemarin, dua calon Mujianto dan Eko Junaedi yang kalah dari calon Siti Khoiriyah menuntut dilangsungkannya pemilihan ulang.  Tuntutan itu disuarakan dalam demo bersama seratus lebih masa pendukungnya di pendapa Pemkab Malang.”Kami sebenarnya siap kalah asalkan kekalahan itu normal. Tapi, kalau tidak normal, harus dilakukan pemilihan ulang,” tandas Eko. (radar)

Peni Ajak Warga Makan Singkong

INGIN BERUBAH: Peni Suparto (dua dari kiri) mendampingi Ahmad Surayana dalam acara gerakan diversifikasi pangan di Stadion Gajayana kemarin.
Tekan Tingginya
Konsumsi Beras

MALANG KOTA – Tingginya kebutuhan konsumsi beras yang diperparah menyempitnya lahan pertanian membuat Pemkot Malang waspada. Melalui program diversifikasi pangan, Wali Kota Peni Suparto mengajak warga Kota Malang mengonsumsi singkong.

Apalagi, saat ini Badan Ketahanan Pangan Jatim sudah menyediakan beras cerdas, yakni beras berbahan singkong dan jagung. ”Beras cerdas itu salah satu solusi tepat untuk mengan-tisipasi tingginya konsumsi beras,” ujar Peni di sela-sela sosialisasi gerakan diversifikasi besar di halaman luar Stadion Gajayana, Kamis (11/4) kemarin.

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Ahmad Surayana, Kepala Badan Ketahanan Pangan Jatim Tutut Herawati, satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Malang, dan ibu-ibu tim penggerak PKK Kota Malang.

Peni memaparkan, kebutuhan beras di Kota Malang mencapai 101 ribu ton per tahun. Sedang-kan kemampuan produksi beras di Kota Malang hanya 94 ribu ton pertahun. Dengan demikian, kebutuhan beras warga Kota Malang masih disuplai daerah lain. ”Kebutuhan konsumsi beras kami sangat tinggi,” kata Peni.Melalui program diversifikasi pangan ini, Peni memberikan pilihan lain bagi warga Kota Malang agar tak hanya mengon-sumsi beras. Warga diajak me-ngon sumsi singkong, jagung, dan jenis pangan lain. Termasuk mengonsumsi beras cerdas. ”Energinya komplet dan harga nya lebih murah daripada harga beras biasa,” ucap dia.Agar masyarakat tak kesulitan mendapatkan beras cerdas, Peni akan mengandeng instansi untuk memproduksi beras cerdas. 

Namun, dia menyadari tak gampang mengubah kebiasaan warga mengonsumsi beras beralih ke singkong, ketela, jagung, atau beras cerdas. ”Tentunya butuh waktu,” ungkapnya.Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Ahmad Surayana menam bah-kan, Malang merupakan daerah yang cocok untuk penanaman singkong. Untuk mempercepat proses diversifikasi pangan, Surayana akan menyosialisasikan pola penanaman singkong. Tujuannya memaksimalkan produksi hasil singkong. (radar)

Ingatkan Pedagang Taati Kesepakatan

MALANG KOTA – Pemkot Malang mengingatkan agar pedagang Pasar Blimbing menaati hasil kesepakatan. Setelah investor PT Karya Indah Sukses (KIS) merampungkan pembangunan pasar relokasi di Stadion Blimbing Mei nanti, para pedagang diharapkan langsung pindah ke pasar relokasi. ”Kan sudah ada perjanjian antara investor, pemkot dan pedagang. Ya harus ditaati,” ujar Wali Kota Malang Peni Suparto, Kamis (11/4) kemarin.

Pada 26 Februari lalu, pemkot, investor, dan pedagang sudah membuat kesepakatan. Pedagang bersedia direlokasi asalkan dibangunkan pasar penampungan sementara (PPS) di Stadion Blimbing. Pedagang ingin pasar relokasi ditempatkan di Stadion Blimbing karena lokasinya tidak jauh dari Pasar Blimbing. Sebelumnya, PT KIS sudah membangun pasar relokasi di di Jalan Simpang LA Sucipto, Pandanwangi. Namun, pasar relokasi itu terpaksa dibongkar lantaran tak disetujui pedagang. Sekkota Malang Shofwan menambahkan, setelah pasar relokasi di Stadion Blimbing rampung dibangun, pedagang harus bersedia pindah. Kepindahan itu tak boleh ditawar lagi lantaran pembangunannya sudah dikoordinasikan dengan pedagang. ”Saya yakin pedagang taat kesepakatan,” ucapnya. 

Pasar relokasi di Stadion Blimbing sudah dibangun investor PT KIS sejak akhir Maret lalu. Pasar relokasi itu untuk menampung seluruh pedagang yang jumlahnya mencapai sekitar 2.250 orang. Pembangunan pasar relokasi tersebut membutuhkan waktu sekitar satu bulan sampai satu setengah bulan. Diperkirakan Mei sudah rampung. (radar)

Batu Kena Dampak Pembatasan Solar

KOTA BATU- Dampak pembatasan solar bersubdidi oleh Pertamina mulai berimbas di Batu. SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) yang terkena pembatasan itu salah satunya SPBU Jalan Panglima Sudirman. Rudi Hartono, supervisor SPBU Jalan Panglima Sudirman Kota Batu mengatakan, surat pemberitahuan pembatasan solar bersubsidi dari Pertamina diterima 7 April lalu. Isinya, bahwa pengiriman solar hanya dilakukan dua hari sekali. 

”Seperti Senin (8/4) lalu solar bersubsidi tidak dikirim dan pengiriman baru dilakukan Selasa (9/4). Rabu (10/4) juga tidak dikirim, baru Kamis kemarin (11/4) baru dikirim lagi. Kondisi ini akan berlangsung hingga awal Mei mendatang,” bebernya. Tidak dikirimnya solar setiap hari tersebut berakibat pada habisnya pasokan. Puluhan mobil penumpang umum jurusan Batu-Ngantang-Kasembon maupun truk-truk harus putar balik mencari SPBU lain yang menyediakan solar bersubsidi. ”Ada beberapa kendaraan yang kecele,” ujar dia. 

Sebelum adanya surat pemberitahuan dari Pertamina, lanjutnya, setiap hari SPBU ini mendapat pasokan solar 8.000 liter dengan daya jual 6.000 hingga 7.000 liter per hari. Sekarang meski Pertamina mengirim dua hari sekali, pasokannya tetap 8.000 liter. Sehingga kelangkaan solar dengan harga Rp 4.500 per liter terjadi. (radar)

PWM Sayangkan Penutupan SD Aisyiyah

Penutupan SD Aisyiyah
SURABAYA – Perintah penghentian kegiatan belajar mengajar (KBM) di SD Aisyiyah Surabaya oleh Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya mendapat perhatian serius Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Jatim. Mereka menilai keputusan itu sangat tidak tepat. 

Ketua PWM Jatim Prof Tohir Luth menganggap keputusan tersebut terlalu sembrono dan arogan. Sebab, kesalahan-kesalahan yang bersifat administratif seharusnya tidak menghambat usaha masyarakat untuk mendukung pembangunan di bidang pendidikan. ”Kalau ada kekurangan, misalnya tentang izin, pemerintah semestinya terlebih dahulu mem berikan peringatan agar sekolah segera menye lesaikan izin,” jelas Tohir kemarin (11/4). Jika ada kesulitan, pemerintah semestinya
membantu, bukan mempersulit.

Tohir menyarankan dispendik agar memberikan waktu bagi sekolah untuk mengurus izin terlebih dahulu. Pada saat yang sama, kegiatan belajar mengajar bisa berlangsung seperti biasanya. Jika langsung menghentikan kegiatan sekolah, Tohir meng iba ratkan membunuh tikus di lumbung padi dengan cara salah. ”Jangan lum bungnya yang dibakar, tapi ti kusnya yang ditangkap,” jelasnya.Ketua Majelis Pendidikan Dasar (Dikdas) Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jatim Asma mengungkapkan, pihaknya akan menerjunkan tim khusus untuk membahas persoalan itu. Dia termasuk orang yang kecewa jika dispendik meminta sekolah tersebut dimerger. Terlebih, surat-surat tanah sekolah yang berasal dari wakaf itu sedang diproses di Badan Pertanahan Nasional (BPN).

”Sabtu depan (13/4) kami terjunkan tim ke Surabaya untuk melihat detail persoalan tersebut. Kami tidak ingin diperlakukan tidak adil seperti ini,’’ ungkap dia. Sementara itu, Kepala Dispendik Surabaya Ikhsan menyatakan bahwa pihaknya tidak akan mengeluarkan izin operasional untuk sekolah tersebut. Keputusan itu diambil lantaran SD Aisyiyah belum mengajukan izin. Menurut dia, pihaknya saat ini hanya berfokus pada persoalan para siswa. Sebab, ada sekitar 38 siswa yang masuk SD Aisyiyah. Langkah awal yang dilakukan adalah memerger siswa ke sekolah terdekat. Dispendik akan mencarikan sekolah yang sesuai dengan pendidikan anak-anak. ’’Yang penting kita selamatkan dulu siswanya, baru jalan lain,’’ ujar dia.  (radar)

Hari Ini Soal dan LJUN Tiba

Disdik Kota Malang
Siapkan 783 Berkas
Cadangan
MALANG KOTA - Soal dan LJUN (lembar jawaban ujian nasional) ujian nasional (UN) SMA dan SMK Kota Malang diprediksi ada 783 soal dan LJUN cadangan. Hal itu didasarkan pada tiap ruangan disisakan satu soal dan LJUN. 

 ”Untuk SMA ada 324 dan SMK ada 459 dan LJUN cadangan. Namun, itu masih prediksi di dasarkan pada jumlah ruangan,” kata Suwarjana, kabid pendidikan menengah dinas pendidikan (disdik) Kota Malang (11/4).

Berdasarkan data yang di himpun Jawa Pos Radar Malang, jumlah peserta UN SMA ada 6.464 siswa dan SMK ada 9.177 siswa SMK. Jumlah ruangan untuk SMA ada 324 ruangan dan 459 ruang untuk SMK. ”Pokoknya, tiap ruangan ada 20 siswa dan disisakan satu soal dan LJUN tiap ruangan,” tandas pria asal Jogja itu. 

Dia juga mengatakan, soal dan LJUN dipastikan bisa datang di Kota Malang pada hari ini. Hanya saja pihaknya masih belum bisa memastikan jam berapa tibanya di Kota Malang. ”Namun, kami sudah berkoordinasi dengan panitia UN Pemprov Jatim tentang pendistribusian soal
dan LJUN,” kata dia. 

Tahun ini, lanjutnya, koordinasi dengan panitia provinsi lebih mudah dibanding tahun lalu. Namun, tahun ini soal boleh di cetak di Surabaya untuk wilayah Jawa Timur. ”Tahun lalu di pusatkan,” tandas dia. Apakah disdik tidak khawatir soal dan LJUN cadangan tersebut disalahgunakan oknum tidak bertangungjawab? Suwarjana menegaskan, kekhawatiran tersebut tidak ada. Sebab, soal dan LJUN ter
sebut juga tidak sama dengan yang lainnya. Sehingga, sangat kecil kemungkinannya soal dan LJUN tersebut dimanfaatkan untuk kejahatan. ”Kan dalam satu ruangan soal siswa tidak sama. Jadi, penggantinya jelas tidak sama juga,” ujar dia.

Selain itu, masih kata Suwarjana, soal dan LJUN tersebut juga dijaga oleh orang yang terpercaya. Yakni, dari kepolisian dan perguruan tinggi selaku penanggungjawab keamanan soal dan LJUN tersebut. ”Masyarakat tidak perlu khawatir, ke jujuran UN akan terjamin,” tandasnya. (radar)

Enam Sekolah Lolos Penilaian Lapangan

SEBANYAK enam sekolah dari Kota Malang lolos penilaian lapangan dalam tahapan Lomba Adiwiyata di tingkat Jatim. Enam sekolah tersebut adalah SDN Sukun 1, SD Plus Al Kautsar, SMPN 10, SMPN 14, SMKN 2 dan SMAN 7. Mulai kemarin tim dari Pemprov Jatim sudah mulai menilai ke lapangan sekolah tersebut.

Seperti diketahui, dari 309 sekolah yang lolos administrasi dalam Lomba Adiwiyata di 38 kota dan kabupaten di Jawa Timur hanya diambil 117 untuk dinilai dan masuk ke babak selanjutnya, yaitu penilaian lapangan. Sedang di Kota Malang ada enam sekolah yang lolos penilaian lapangan.”Dari jumlah itu akan diambil juara I untuk mewakili Jatim di tingkat nasional pada tiap jenjangnya,” kata Fauzi Bachtiar, ketua tim juri pemprov di sela-sela penjurian di SMPN 14 Kota Malang kemarin. 

Menurut dia, pada dasarnya kriteria yang diinginkan tidak muluk-muluk. Tapi disesuaikan kebutuhan dunia saat ini, yaitu sekolah berkonsep go green. ”Prestasi sekolah tetap jadi per tim-bangan kami juga,” tandas Fauzi. Dia men contohkan, salah satu poin penting seperti karyanya Nur Afni Aulia, siswa kelas VIII SMPN 14. Karya miniatur burung Merak tersebut sesuai dengan konsep go green. (radar)

Potensi Autis dalam Bingkai

KREATIF: Nuril Azizah melukis di Aula Perpustakaan Kota Malang. Karya lukisan
anak autis dipamerkan selama tiga hari mulai 11-13 April.
MALANG KOTA – Meski berkebutuhan khusus, bukan berarti anak autis tak mampu berkarya. Potensi anak autis itu tergambar dalam pameran lukisan, komik, dan kolase yang diselenggarakan Sahabat Autisme Malang, Kamis (11/4) kemarin.

Ada 38 karya yang dipajang selema tiga hari, 11-13 April di Aula Per pustakaan Kota Malang. Lukisan, ko mix dan kolase dari 15 anak autis di Malangitu menggambarkan lingkungan, alam, dan kehidupan anak autis.

 Karya Jacobus Bryan Hernanto Putra misalnya. Bocah 13 tahun itu membuat komik yang menceritakan tentang kehidupannya. Dalam komik itu tertulis jelas bahwa, Bryan mengaku sebagai anak autis.

”Potongan-potongan cerita di komik ini menceritakan kisah Bryan,” kata Camelia, pendiri Sahabat Autisme Malang sekaligus ibu kandung Bryan.Camelia mengatakan, pameran karya anak autis ini merupakan pertama kali. Dia ingin menyadarkan masyarakat bahwa di sekitarnya ada anak autis. Camelia juga ingin menunjukkan bahwa anak autis juga punya karya. ”Banyak yang malu kalau anaknya autis,” kata dia. Dia ingin memberi kebebasan berekspresi bagi anak autis. Harapannya, masyarakat tak memandang rendah anak autis.

Sementara itu, psikolog asal Univer sitas Gajayana (Uniga) Jeanne Leonardo mengatakan, anak autis tak punya gangguan kognisi sehingga punya potensi lazimnya manusia normal. Hanya saja, kemampuan berekspresinya terganggu. ”Tak ada masalah dengan kognisis,” kata dia.Namun karena mereka asyik dengan dunianya, lukisan yang dihasilkan cenderung menceritakanya kehidupannya sendiri. Dia tak peduli dengan tingkah laku orang di sekitarnya. (radar)

Target Kepatuhan WP 70 Persen Masih Bisa Tercapai

OPTIMIS: Masyarakat saat melaporkan SPT Tahunan di KPP Malang Selatan akhir bulan lalu.
MALANG KOTA – Jika sebelumnya Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Malang Utara memprediksi ada penurunan terkait kepatuhan wajib pajak (WP) dalam menyampaikan surat pemberitahuan  (SPT) Tahunan pajak penghasilan (PPh), KPP Pratama Malang Selatan me-nyatakan sebaliknya. Meski proses
rekapitulasinya masih berjalan, mereka optimis tingkat kepatuhan bakal menyentuh target yang dibebankan di 2013 ini.

Seperti diketahui, SPT Tahunan yang sudah masuk adalah PPh untuk WP Orang Pribadi (OP), dimana deadline-nya adalah pada 31 Maret lalu. Sementara deadline untuk WP badan adalah 30 April. Kepala KPP Malang Selatan Bayu Kaniskha mengatakan hingga 31 Maret lalu ada 31 ribu wajib pajak yang melaporkan SPT-nya di KPP Pratama Malang Selatan.

Tapi, Bayu mengatakan angka itu bisa dibilang masih kasar. ”Ada sekitar lima ribu SPT Tahunan dari KPP lain yang dilaporkan ke KPP Malang Selatan,” ujar dia. Sebaliknya, SPT Tahunan WP yang terdaftar di KPP Malang Selatan, tidak sedikit pula yang ”nyangkut” di KPP lain. Ini karena pelaporan SPT Tahunan bisa dilakukan dimana saja, tidak harus di tempat dimana WP tersebut terdaftar. 

KPP Malang Selatan meng-cover WP dari Kecamatan Klojen, Kecamatan Sukun, dan Kecamatan Kedungkandang. Sedangkan KPP Malang Utara meng-cover warga dari Kecamatan Blimbing dan Kecamatan Lowokwaru.

Secara bertahap, SPT yang ”nyangkut” diserahkan ke KPP yang sebenarnya. Begitu  juga sebaliknya, SPT dari WP Malang Selatan yang “nyangkut” di KPP lain juga sudah mulai diterima KPP Malang Selatan. ”Kemungkinan akhir bulan ini bisa dapat data yang fiks,” ujar Bayu. Tapi Bayu optimis, target tahun ini bisa tercapai.

Untuk PPh OP, sebelumnya Bayu menyatakan paling tidak ada 30 ribu WP yang melaporkan SPT-nya. Sementara secara umum, target kepatuhan WP  untuk tahun 2013 ini adalah sebesar 70 persen. Target itu lebih tinggi dari tahun lalu yang sebesar 67,5 persen. ”Tahun lalu kita nyampe target. Tahun ini, harapannya juga seperti itu,” ujar dia. 

Lebih lanjut, Bayu mengatakan saat ini fokus lain dari KPP Malang Selatan adalah memberi pelayanan terhadap WP Badan yang melaporkan SPT-nya. Diprediksi, akan ada 1.500 WP Badan yang melaporkan SPT-nya di KPP Malang Selatan. Melihat jumlah itu, pelaporan SPT WP Badan tidak akan crowded seperti pelaporan SPT WP OP. 

Tingkat kepatuhan, biasanya juga lebih baik ketimbang WP OP. ”Secara administrasi, WP badan juga lebih tertib,” ujar dia. Apalagi, sanksi untuk WP badan lebih berat. Jika terlambat, ada denda Rp 1 juta. Sementara untuk WP OP, jika terlambat dendanya Rp 100 ribu. 

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Malang Utara Ashari mengatakan untuk pelaporan SPT WP Badan nanti, diprediksi akan ada sekitar empat ribu WP Badan yang akan melapor di KPP Malang Utara. ”Untuk WP Badan, ada sekitar 287 yang sudah melaporkan SPT-nya Maret lalu,” ujar Ashari. Karena jumlahnya jauh lebih sedikit, persiapan yang
dilakukan tidak akan sebesar ketika masa pelaporan SPT WP OP beberapa waktu lalu.

Seperti diberitakan sebelumnya, ada 23 ribu WP OP yang melaporkan SPT-nya hingga 31 Maret lalu. Tapi, jumlah itu juga belum fix, karena dari 23 ribu, 12 ribu di antaranya merupakan WP OP yang tedaftar di KPP Malang Utara. Sementara itu, sisanya merupakan WP dari KPP lain. (radar)

Sukses Jawab Kepercayaan Pelatih

MALANG KOTA- Selama dua bulan, bek kanan Arema Cronous Benny Wahyudi hanya menghiasi bangku cadangan. Ini akibat dari hantaman cedera yang dialami pada awal Februari lalu. Namun, setelah cederanya pu lih, arek Turen ini diberi ke per cayaan  pelatih Rahmad Dar mawan menjadi pemain utama kala lawan Persepam, Rabu (10/4). 

Beruntung, kepercayaan pelatih mampu dibalas dengan penampilan yang bagus.Bagi Benny, menghadapi lawan Per se pam tersebut menjadi titik kebangkitannya setelah lama tak tampil. Sehingga ia sekuat tenaga menunjukkan kualitas agar tak mengecewakan pelatih, suporter dan utamanya membawa Arema menang. 

”Ya saya akan tampil lebih baik lagi jika dimainkan sejak menit awal,” tandas Benny. Sementara pelatih Rahmad Darmawan (RD) memberikan memberi apresiasi khusus kepada Benny. Sebab meski lama tidak tanding, ia berhasil menunjukkan permainan yang ia harapkan. Hanya, imbuh RD, di babak pertama, Benny masih terlihat gagap dan kerap salah umpan. Untungnya, di babak kedua, mantan pemain timnas ini memberi kontribusi besar. (radar)

Rabu, 10 April 2013

AREMA VS P-MU

Radar

Minggu, 07 April 2013

Lowongan Kerja Jawapos 07 April 2013

  1. Dcr Kasir / crew (wnt/laki2, min SMA, max 23 th, pengalaman) Lamaran ke Champions Futsal l. Veteran 02 MLG* 
  2. Dicari Krywan Arsitek S1, laki2,Bisa Autocad, 3D, Sketup Photoshop, Desain Interior. Jl. Janti Barat Blok A/17A Malang
  3. Dibthkan Staff Wanita Single, max30th S1 Pglmn, Koki Pria max 30thSMA/Sdrjt Pglmn. Lam Krm Arjuna23 Mlg Kode: SK
  4. Dibutuhkan Sgra Akutansi Perpajakan D3/S1 Berpengalaman min 2th Expert & Komunikatif Hub. 561611 Jam Kantor
  5. Dibutuhkan Marketing Property DtgLgsng Bawa Lamaran Ke Gadang 10B No.1 1 Week
  6. Rumah Warna Bth SPG, Wnt max25th, Single. Lam Diantar Lsg StoreMatos/MOG/Bats 
  7. Dicri Kapster-Mustika Dewi Salon + Spa Mondoroko Sgsr-GP + Kom 10 – 20% Hub. 456747
  8. Dibthkn sopir pribadi usia max 40th. Bs matic krm ke Jl. JA.SupraptoNo. 60 Kode PR
  9. Dibthkn KOKI Resto & KOKI Bakery hub. 08155555323
  10. Dibutuhkan Krywan/I max 23th,SMA/D3, Berpenampilan Menarik,Gji 2jt/bln + Komisi + Jenjang Karir. Bwa Lmrn: Jl. Raya Danau Toba Kav E5/12*
  11. Cari pegawai serabutan untuk toko.Pria min SMA hub SWALLOW/CAHAYA OLI Jl.Bendungan Siguragura Barat Ruko Griya Mandiri Kav.6*
  12. Teh Sosro Bth Driver, Sales, Motoris, SPG, TL. Lam Jl. Karang Duren 58 Pakisaji*
  13. Dicari Segera Sopir Karyawan/ti Lamaran Lengkap Dikirim Ke Istana Dekorasi Jl. Raya Dieng 20 Mlg Hub. 0341-551069*
  14. Persh Distribusi Butuh SegeraSales 25-35th SMA, Pnglmn 1th, Jujur, Ulet, Supel; Sopir 25-35th SMA/B, Pglmn min 1th Kirim Lamaran Jl. Raya Mondoroko 41Singosari Malang*
  15. Dcr: Pegawai Adm, S1/SMK, Wnt,Jilbab, Menguasai Komputer, Lancar Mengetik 10 Jari, Usia max 30th Blm Menikah Hub. 0818568208*
  16. Dicri Marketing Mtr Berpengalaman Dan Administrasi (S1) Usia 23-35th. Lamaran Dikirim Ke Jl. Kepuh Raya No. 233 A Sukun Mlg*
  17. Bth Admin Wnt max 35th, Pengalaman Jl. Puncak Mandala 44B Mlg Hub. 557102/ 555885*
  18. Cari : Penjual Bakso, Gj : 1 Juta+ Bns Makan + TMP Tgl, Hub:081233633901*
  19. Bth Admin Berpglmn 3th S1 Tanggungjawab Sanggup Bekerja Keras Lam Krm Ke Bandulan 8B/511 Mlg*
  20. Dcri kryw/i kitchn,waitrs,cashier,max35,lulsn sma/smk,bs krjkrs,mrktng,lmrn k ruko tmn niaga b26,suhat*
  21. Yamaha Devina Motor bth SalesCounter wnt min D3, sopir & office boy, rjin, ulet Lam di antr lgs JA.Suprapto 60 MLG*
  22. Dicari Sgr Kary Coffe Shop Di Dinoyo, Menarik, min SMU/SMK, Pglmn Krj Di Resto Lamaran Lgkp Kirim Ke Arjuno 23 Kode: LS*
  23. Dicari Salesman Pnglmn min SLTA. Srt Lmran Ke P. Blimbing Indah UT-A6/19A Mlg*
  24. Lsg Kerja u/ Adm, HRD, RCP, SPV, Dll. Inc.3-6jt/bln. SMP-S2, Kul/Ibu RT, Bs Partim 17-60th, Pglmn/Tdk. Afid (HRD) 085755292014*
  25. Dicari Krywn/TI/Driver u/ Toko max 30th Ada Mess Lam Lsg Jl. Bondowoso 29 Malang*
  26. Yamaha Devina Motor, Bth Sales Counter Wnt min D3, Rajin, Jjr, Ulet & Sopir Hfl Wil Mlg Lam Diantar Lgs JA. Suprapto 60 Mlg*
  27. SMK Akuntansi & Perkantoran, D1 & D3 Perawat Dikirim Via Pos Ke RS. Prima Husada,  Banjararum Selatan No.3 Singosari Paling Lambat 13 April 2013*
  28. Bth Marketing/Sales Pria max 30th, Pglmn Bid.Komp. Puncak Mandala 44B Mlg Hub. 0341-557102*
  29. Pers Kontruksi Bth 2 Tng Pelaksana Lapangan Laki2, D3/S1 Sipil Bs Autocad Dan 2 Tng Admin Laki2, SMK/STM Sipil Bs Comp Office Usia 23-30th. KTP Kota Mlg Lmrn Dantr Sdr Ke Jl. Camar 10 Mlg Lmbt 10 April 2013*
  30. Dibutuhkan Karyawati Toko & Pembukuan SMA/ Sderajat. Kirim Ke Jl. Basuki Rahmat 101 Mlg*