Edy Triyono

Welcome

:)

Selasa, 13 Agustus 2013

Awan Menghilang Sebabkan Suhu Turun Drastis

SURABAYA - Beberapa hari ini wilayah Surabaya dan sekitarnya di Jawa Timur suhu terasa lebih dingin dari biasanya, lebih sejuk bahkan cenderung dingin.

Agus Tri Suhono, Kasi data dan informasi BMKG Juanda membenarkan kondisi ini, ia menjelaskan suhu yang turun dari biasanya atau dari normalnya ini disebabkan langit di sebagian besar di wilayah tersebut tidak ada awan atau di sebut  "clear".

"Karena clear inilah sehingga energi panas yang diterima bumi, di pancarkan lagi ke atmosfer," kata Agus  kepada Surya Online Selasa (13/08/2013).

Kondisi ini menyebabkan suhu turun drastis karena awan yang seharusnya  berfungsi sebagai selimutnya bumi ini akan menahan larinya energi panas ke atmosfer, akhir akhir ini tidak terjadi.

Di Surabaya dan sekitarnya suhu udara ini terpantau berkisar 22-32 oC. Di beberapa daerah di Jawa Timur bahkan suhu ada yang lebih rendah yakni mencapai 15 - 30 oC, seperti di daerah Pasuruan, Malang, Nganjuk, Bondowoso, Batu dan Kepanjen.

Di Surabaya sendiri suhu mencapai 21 - 33 oC demikian pula di Sidoarjo mencapai 22 - 33 oC. Menurutnya fenomena ini biasa terjadi pada musim kemarau, diperkirakan suhu udara yang turun drastis ini berlangsung hingga akhir Bulan Agustus. (SURYA)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar