Edy Triyono

Welcome

:)

Selasa, 13 Agustus 2013

Jalur Terakhir, UMM Terima 1700 Mahasiswa

MALANG - Pendaftaran gelombang 3 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) akan ditutup  24 Agustus mendatang. Di jalur terakhir ini UMM akan menerima sekitar 1700 mahasiswa pada semua program studi kecuali kedokteran. ”Sebelum libur lebaran kemarin pendaftar sudah mencapai 1700 orang, dan kami perkirakan akan terus bertambah hingga penutupan akhir Agustus mendatang,” ungkap Kepala Humas UMM, Nasrullah M.Si kepada Malang Post.
 
Hingga akhir pendaftaran diperkirakan peminat UMM mencapai 15 ribu orang. Sebelumnya sejumlah 5418 calon mahasiswa baru UMM telah melakukan daftar ulang. Mereka merupakan peserta tes yang telah dinyatakan lulus di jalur undangan, tes gelombang I dan II. Total pendaftar dari semua periode telah mencapai lebih 10 ribu. Pada proses pendaftaran dan seleksi jalur undangan dan gelombang I saja telah terjaring 2774 calon mahasiswa. Jumlah tersebut merupakan saringan dari sekitar 4600 calon peminat.
 
Pembantu Rektor I UMM, Prof Dr Bambang Widagdo, MM yakin tahun ini peminat UMM akan mengalami peningkatan. Secara teknis kenaikan itu bisa disebabkan bertambahnya program studi yang dibuka, maupun non teknis yang disebabkan semakin membaiknya kesadaran masyarakat pada perguruan tinggi. Angka lulusan SMA yang melanjutkan ke universitas di Indonesia masih relatif kecil dibanding di negara-negara lain.
 
“Namun seiring membaiknya kondisi ekonomi dan tawaran universitas yang mengembangkan kualitas dengan biaya yang terjangkau, seperti di UMM ini, saya yakin dapat  meningkatkan daya jangkau masyarakat pada pendidikan tinggi,” ungkap Guru Besar FEB UMM ini. 

Bambang menambahkan, tahun ini ada tiga Program Studi baru yang dibuka, yakni Fisioterapi (Fikes), Ekonomi Syariah (FAI) dan Program Dokto Pendidikan Agama Islam. Meski Prodi baru Bambang meyakinkan bahwa seluruh perangkat pembelajaran sudah disiapkan dengan sangat matang. Apalagi UMM telah meraih akreditasi institusi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013.
 
Pada 2012, tidak ada satu pun dari 14 perguruan tinggi yang mendapat sertifikat akreditasi A. Pada tahun ini, sebanyak 28 perguruan tinggi dinilai BAN-PT dan UMM mendapat peringkat atau nilai A bersama tujuh perguruan tinggi lain. Semua peringkat akreditasi berlaku lima tahun dari 2013 sampai 2018.
 
Dari delapan perguruan tinggi peraih peringkat A, lima di antaranya perguruan tinggi negeri (Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, dan Universitas Hasanuddin). Sedangkan dua perguruan tinggi swasta lagi selain UMM adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. Perguruan tinggi di Malang yang lebih dulu mendapat peringkat A akreditasi adalah Universitas Brawijaya (UB). (MPost)

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar