Edy Triyono

Welcome

:)

Senin, 12 Agustus 2013

Dua Ribu Meter Bendera Merah Putih Selubungi Lapangan Rampal

MALANG- Menyambut ulang tahun kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, Lapangan Rampal diselubungi 2.000 meter bendera merah putih tanpa putus. Ide yang ditelorkan jajaran Kodim 0833 Kota Malang tersebut, sudah terpasang sejak Rabu (7/8) lalu atau H-1 Lebaran. Meski belum dapat memecahkan rekor MURI, namun pemasangan bendera merah putih ini sengaja dilakukan untuk mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap ingat bahwa bendera tersebut sebagai lambang negara RI. Komandan Kodim 0833 Kota Malang, Letkol Inf Gunawan Wijaya mengungkapkan, pemasangan bendera ini merupakan ajakan masyarakat untuk tetap mencintai bendera merah putih.
 
“Kami ingin mengajak masyarakat secara keseluruhan untuk tetap mengingat dan mencintai lambang negara ini dengan memasang bendera merah putih mengelilingi Lapangan Rampal,” tuturnya ditemui usai acara Deklarasi Pilgub Jatim Damai di Mapolres Malang Kota kemarin. Yang unik, papar dia, bendera yang terpasang di tempat yang menjadi salah satu ikon Kota Malang itu, tidak terputus sama sekali. Gunawan, panggilan akrabnya menerangkan bila bendera sepanjang 2.000 meter dengan lebar dua meter itu disambungkan dengan cara dijahit oleh siswa-siswi SMK Kartika. “Sekitar tiga hari dijahit lalu dipasang hanya dalam waktu sehari,” tambah perwira menengah itu.
 
Saat pemasangan pun, ungkapnya, dilakukan anggota Kodim 0833 saat H-1 Lebaran, mulai pagi hingga menjelang Maghrib.  Dia yang memimpin pemasangan bendera tersebut, mengaku salut dan bangga kepada anak buahnya karena memasang bendera di saat bulan Ramadan dan sebagian masyarakat sudah melaksanakan mudik. Terlebih, untuk ide yang cukup kreatif itu, pihaknya harus merogoh kocek yang tidak sedikit. Kalau dihitung rata-rata, harga permeter kain merah putih mencapai Rp 60.000 sehingga total pembuatan bendera terpanjang ini, mencapai Rp 12 juta.
 
“Siapa lagi kalau bukan kita yang harus mengingatkan kepada masyarakat bahwa bendera merah putih merupakan lambang kedaulatan dan tanda kehormatan negara,” papar mantan Danyonif 512/QY Marabunta itu berulang-ulang.  Sementara itu, untuk lebih meramaikan bendera terpanjang ini, Kasdim 0833, Mayor Inf Jamet Nijo mengaku dalam waktu dekat, pihaknya juga segera memasang 240 umbul-umbul memutari Lapangan Rampal. Disinggung batas  berakhirnya pemasangan bendera terpanjang dan umbul-umbul ini, Jamet mengaku akan mengakhirinya sesuai dengan aturan yang berlaku. “Kita tetap ikuti semua aturan dan tata cara pemasangan bendera ataupun lambang negara ini,” tutup dia. (MPost)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar